Dendelion part 5 (Menepi)





Menepilah


Rotasi arti kata untuk sebuah perputaran berdasar pada sumbu
Setiap putaran adalah kenyataan
Setiap kenyataan ialah butiran dari harapan
Setiap harapan ialah kita

Ketika sebuah film fiksi bergenre petualangan bertebaran di belantika film Indonesia bahkan dunia. Ketika impian merupakan senjata yang dimiliki bagi mereka yang tak memiliki apapun. Selalu ada hal-hal yang dapat terbayarkan entah oleh keringat, air mata, atau bahkan darah. Selalu ada hal-hal yang dapat diperjuangkan entah oleh emosi, kenangan, atau bahkan tawa.

Cerita ini hanyalah sederhana, cerita dimana setiap insan pasti pernah mengalaminya. Cerita ini sangatlah klasik, cerita dimana setiap jiwa selalu rindu akan memori di masa ini. Maka, Menepilah.

Bangunan SD belanda yang kemudian disulap oleh pemerintah daerah menjadi SD inpres (zaman Soeharto), hingga berganti nama menjadi SD Haktong (Karena berdekatan dengan Pecinan), kemudian diubah menjadi SD IPPOR (Pengkhususan beberapa SD dengan kemampuan prestasinya), hingga secara paten mendapat nama SD Negeri 1 Ciledug Tengah. Menepilah. Itulah sekolah dasar kami.

Desain tata ruang bergaya belanda masih jelas terlihat, bangunan tinggi, lapangan di bagian tengah, hingga WC yang menyeramkan. Tapi, keramahan jelas nampak di dalamnya. Keramahan bagi etnis pribumi dan etnis china yang disekolahkan di sekolah kami.

Kolam ikan, seng asbes yang kadang terbang saat angin kencang, akar pohon beringin yang tiba-tiba muncul di jendela kelas 3, lantai berupa ubin, deretan sepeda onthel yang berjejer di samping kolam pasir. Menepilah. Inilah laboratorium pertama kami. Ini laboratorium kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kombinasi Peluang

ASTER (I'M LIVING IN SCHOOL' MEMORIES INSIDE MY BODY-Part 1)

We Are a Superstar, and You?