Kepak Sayap Kupu-Kupu Monarch

Kepak Sayap Kupu-Kupu Monarch


Kupu-kupu, serangga bermetamorfosis sempurna dengan segala keindahan sayapnya. Mereka sering dianalogikan sebagai simbol dari sebuah siklus perubahan dari yang buruk menuju yang baik. Dari sekian banyak hewan yang Allah ciptakan, entah mengapa kupu-kupu menjadi sangat spesial di fikirku. Terutama kupu-kupu monarch, atau sang kupu-kupu raja dengan sayap kuning keemasannya. Serangga yang sering muncul di awal musim penghujan di kampus Biologi.
................................................
Menarik, dalam sebuah studi entomologi. Hal yang pertama dilakukan kupu-kupu saat keluar dari kepompong ialah mencari bunga, dan mencari tempat tinggal. Entah berapa banyak bunga yang dihinggapi oleh mereka dan kemudian berubah menjadi buah. Buah yang kemudian dapat dikonsumsi oleh kita semua. manusia
...................................................
Sungguh, Allah Maha Sempurna dan Sebaik-baik Pencipta. Kupu-kupu monarch, hanyalah satu dari sebagian kecil seluruh ciptaan-Nya. Saudaraku, Sahabatku. Sungguh tiada perpisahan tanpa sebuah wasiat. Saudaraku, seandainya kita belajar dari kupu-kupu monarch. Kita dapat menemukan esensi kita tuk berpisah. Bukan untuk ke-mudharatan, bukan untuk mengumbar aib saudara kita lainnya, dan bukan pula, karena lisan-lisan yang tak bertulang ini. Tapi, semua ini hendaknya diniatkan untuk ibadah hanya pada Allah Subhanaallahu Wa Ta'ala.
.............................................
Hari ini (24/7), hari terakhirku berada di kostan ini. huft..jadi teringat judul buku Francis Fukuyama "The Last Man". Tersisa aku, dan saudaraku baskoro. Saat suara tilawah dilantunkan, dan kemudian berhenti di sebuah ayat yang terjemahannya 
"Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; Carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung" (T.Q.S. Al-Jumu'ah : 10)
..............................................
Wahai saudaraku, dimanapun kelak esok kita berada. Jadikanlah niat ini sebagai penebar kebaikan. Layaknya Kupu-Kupu Monarch. Apapun jabatan kita esok, amanah kita esok, prestasi kita esok, posisi kita esok, dan status kita esok.
.................................................
Kupu-kupu monarch akan berlalu dan kembali lagi di musim penghujan selanjutnya. Selamat jalan saudaraku, dan tetaplah di jalan kebaikan bersama Allah dan Rasul-Nya.

rumah ini ibarat kepompong bagi 6 orang lelaki. Tempat ditempa, menempa, berbagi, marah, bertengkar, tertawa, dan lainnya. Tentu dalam metamorfosis, kepompong tak akan mati, atau kembali menjadi ulat. Tapi, jauh dari itu tidak sekedar merayap seperti ulat. TERBANG. TERBANG. TERBANG. Mereka mengeluarkan sayapnya dan TERBANG

wa'allahualam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kombinasi Peluang

ASTER (I'M LIVING IN SCHOOL' MEMORIES INSIDE MY BODY-Part 1)

We Are a Superstar, and You?